Senin, 14 April 2014

Tenun ikat

Tenun ikat atau kain ikat yaitu kriya tenun Indonesia berbentuk kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang pada mulanya diikat serta di celupkan ke dalam zat pewarna alami. adro textile online murah. Alat tenun yang digunakan yaitu alat tenun bukan hanya mesin. Kain ikat bisa dijahit untuk jadikan baju serta perlengkapan baju, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

Sebelum saat ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai sama dengan corak atau pola hias yang diingini. Saat dicelup, sisi benang yang diikat dengan tali plastik tak lagi terwarnai. Tenun ikat ganda di buat dari menenun benang pakan serta benang lungsin yang keduanya telah di beri motif lewat tehnik pengikatan sebelum saat dicelup ke dalam pewarna.

Tehnik tenun ikat ada di beberapa daerah di Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang populer dengan kain ikat salah satunya : Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, serta Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali yaitu hanya satu kain di Indonesia yang di buat dari tehnik tenun ikat ganda (dobel ikat). 1


Kain ikat bisa dibedakan dari kain songket menurut type benang. Songket biasanya menggunakan benang emas atau perak. Motif kain songket cuma tampak pada satu diantara segi kain, sedang motif kain ikat tampak pada ke-2 segi kain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar